Trending

4 Makanan Lezat Namun Sangat Berbahaya

4 Makanan Lezat Namun Sangat Berbahaya - Berbicara tentang makanan super lezat di dunia itu pasti banyak. Setiap daerah memikiki makanan khas nan lezat tentunya menurut lidah penduduknya.

Namun tahukah kamu bahwa tidak semua makanan lezat itu sehat untuk di santap. Ada beberapa jenis makanan yang menurut mereka sangat lezat untuk dimakan namun pada dasarnya sangat berbahaya.

Ada makanan tersebut yang berbahaya karena prosesnya, ada juga yang berbahaya karena memang dalam makanan tersebut terdapat zat berbahaya.

Sebenarnya cukup banyak jenis makanan yang dianggap lezat oleh berbagai orang di seluruh dunia, namun beracun atau berbahaya jika disantap tanpa pengolahan yang benar.

Sebelum Kamu lanjut ke contoh-contohnya, perlu Saya ingatkan dahulu, lezat atau menggiurkan menurut orang lain belum tentu sama lezat dan menggiurkannya dengan manfaatnya.

Oke, ini dia beberapa contoh makanannya yang terkenal sangat lezat namun sangat berbahaya bagi kesehatan, bahkan ada diantaranya yang bisa menyebabkan kematian.

Ackee dari Jamaika

Buah Ackee Jamaika (Pixabay)
Ackee dari Jamaika ini adalah sejenis buah-buahan yang banyak ditemui di Jamaika. Secara ilmiah dan klasifikasinya, buah ini bersaudara dengan lengkeng dan leci, namun ackee mengandung racun hypoglycin yang bisa mengakibatkan mual dan muntah akut.

Untuk menghilangkan racun, warga Jamaika biasanya membuang bijinya terlebih dahulu. Kemudian ackee direbus atau dimasak seperti biasa. Cara ini juga diterapkan oleh warga di negara-negara Afrika Barat seperti Kamerun, Gabon, dan Benin yang juga akrab dengan ackee.

Ackee biasanya disantap dengan merebusnya bersama ikan cod asin. Racun hypoglycin tersebut terkandung pada biji ackee yang berwarna hitam, dan jika masuk ke dalam tubuh dalam jumlah besar bisa langsung menyebabkan koma atau kematian.

Feseekh dari Mesir


Kuliner lezat yang satu ini adalah kuliner dengan bahar dasar ikan. Kuliner khas Mesir ini merupakan sejenis ikan asin dengan aroma menyengat yang bisa menyebabkan keracunan bahkan sampai berefek kematian.

Tahukah kamu walaupun pemerintah Mesir sudah memberikan peringatan akan bahaya makanan ini, namun warga Mesir tetap saja menggemari Feseekh.

Cara menyantap yang umum di Mesir adalah dengan menyajikannya bersama roti baladi, sedikit minyak, kucuran air lemon, dan bawang merah untuk melunakkan rasa asinnya yang tajam.

Nah jika kamu ingin mencobanya, disarankan agar kamu hanya membeli feseekh dari penjual yang bersertifikat.

Hakarl dari Finlandia


Hakarl dari Finlandia ini adalah makanan yang terbuat dari daging ikan hiu Greenland. Hakarl ini disebut-sebut sebagai salah satu hidangan paling berbau di dunia.

Tak hanya itu, hakarl juga bisa membahayakan nyawa karena daging hewan ini mengandung racun sangat mematikan.

Untuk bisa disantap, hakarl membutuhkan proses berkali-kali yang memakan waktu hingga enam bulan dan daging ikan hiu ini harus dikubur dalam timbunan batu kerikil untuk menghilangkan semua cairan.

Setelah itu, ikan difermentasi, dipotong-potong, dan digantung agar benar-benar kering. Jika sudah siap disantap, hakarl akan berbau seperti ikan busuk dan amonia.

Jika proses pengolahannya tidak cukup lama dan tidak benar, maka makanan dengan nama hakarl ini bisa mendatangkan berbagai penyakit bagi siapa saja yang mengonsumsinya.

Ikan fugu dari Jepang

Hidangan Ikan Fugu (Pixabay)
Makanan lezat selanjutnya yang sangat berbahaya adalah ikan fugu dari jepang. Hidangan ikan fugu rasanya sudah banyak diketahui oleh penggemar kuliner di mana pun berada.

Makanan yang termasuk mahal dan mewah ini bisa dihidangkan menjadi delapan jenis masakan dalam satu sesi santap, antara lain sashimi, karaage, dan chirinabe.

Ikan fugu terkenal mengandung racun tetrodotoxin yang bisa mengakibatkan kematian dalam waktu singkat.

Untuk itu di Jepang, tidak bisa sembarang koki yang mengolahnya dan harus yang sudah terlatih selama tiga tahun dan mengantongi sertifikat.

Bagian paling lezat pada ikan fugu ini ada pada livernya. Namun ironisnya, bagian ini pula yang paling beracun sehingga penyajiannya sudah dilarang oleh pemerintah sejak tahun 1984.

Nah itulah 4 makanan lezat nan berbahaya jika di santap dengan cara olah yang tak benar.  Sebenarnya masih banyak sekali makanan lezat yang justru berbahaya. Salah satunya dari Indonesia sendiri. Tahukah kamu makanan apa itu? Nah lain waktu kita bahas yuk.

Afriant Ishaq

A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form