Trending

Harga Terbaru Kaktus Unik yang Wajib Kamu Koleksi

Harga Kaktus Unik dan Terbaru yang Wajib Kamu Koleksi - Anda suka tanaman sukulen seperti kaktus? Berarti Anda sama dengan Saya. Jujur belakangan ini Saya sangat amat tertarik dengan tumbuhan Kaktus.

Seperti postingan Saya sebelumnya, Kaktus yang layak Anda miliki dan Saya juga telah menuliskan beberapa cara rawat mudah pada Kaktus.

Namun kali ini Saya lebih fokus pada harga kaktus. Mulai dari yang terendah hingga kaktus Sultan yang memiliki harga menyentuh puluhan juta rupiah. Semuanya uang loh.

Nah Kaktus mana saja yang memiliki harga cukup mentereng hingga di cap sebagai kaktus termahal?

Apalagi di kalangan gaya hidup urban, kaktus menjadi salah satu tanaman yang hampir ada di setiap ruang hijau hingga pada meja-meja kafe.

Keunikan pada kaktus menjadikan daya tarik sendiri bagi tanaman ini untuk dipelihara banyak orang. Tapi jika diperhatikan, kaktus yang tersebar di Indonesia terbatas jenisnya hanya itu-itu saja.

Ini dikarenakan pusat distribusi pertanian kaktus yang berkembang pesat hanya di satu daerah, yaitu Bandung meski sekarang sudah menyebar ke seluruh Indonesia.

Kaktus yang biasa dijumpai harganya juga terbilang nggak mahal. Jadi nggak perlu banyak perhitungan kalau hanya untuk dikoleksi saja.

Ada banyak jenis kaktus unik dan cantik-cantik yang mungkin jarang atau malah belum pernah kita lihat. Apa aja tuh, simak yuk!

Astrophytum Cactus

Cantiknya kaktus jenis astrophytum, kaktus untuk kolektor pemula yang harganya bisa dibilang masih murah


Jenis kaktus ini berasal dari Thailand, bentuknya yang seperti bola dengan berbagai corak dan warna membuat kaktus ini memiliki keunikannya sendiri.

Meskipun bentuknya “nggak kaktus-kaktus banget” karena nggak ada durinya, jenis astrophytum ini memiliki daya tahan hidup yang tinggi dalam berbagai kondisi cuaca.

Di Indonesia, jenis Astrophytum dibanderol dengan harga mulai dari 100rb sampai 500rb. Itu adalah harga yang tercantum di marketplace loh.

Gymnocalicium

Gymnocalicium, salah satu jenis kaktus yang terkenal dengan bentuknya yang kekar dan memiliki banyak paduan warna

Kaktus jenis gymnolycium ini sebenarnya ada juga yang berasal dari Indonesia sendiri lo. Tapi kebanyakan warnanya memang tidak secantik hasil perkawinan silang yang banyak dikembangkan di Thailand.

Jenis gymnocalicium sendiri masih dibagi dalam beberapa bentuk/clone lagi, salah satunya yang bisa kita jumpai dengan mudah adalah gymnocalicium mihanovichi dan gymocalycium friedrichi atau biasa disebut dengan LB2178.

Bentuknya yang kekar dan dipadu dengan warna yang begitu mencolok membuat kaktus jenis ini dapat dibilang lumayan mahal. Harganya di Marketplace berkisar antara 200rb hingga jutaan rupiah.

Lithops

Jenis kaktus yang satu ini mungkin jarang kita lihat untuk dipelihara di dalam ruangan seperti di kafe dan semacamnya. Dikarenakan bentuknya yang kecil imut dan pendek, kaktus ini kurang pas jika untuk hiasan interior.

Tapi jangan salah, lithops adalah satu jenis tanaman eksotik yang mungkin bakal bikin kita ingin berlama-lama untuk memandangnya.

Bentuk khasnya adalah tubuhnya yang kecil mirip dengan batu namun memiliki corak dan warna yang sangat indah seperti batu kali. Lithops ini ternyata nggak mahal lho, berkisar antara 100rb sampai 300rb saja di marketplace Indonesia. Belum berbunga aja udah cantik, apalagi kalau berbunga.

Ariocarpus

Mungkin kalian baru mendengar nama ini? Bahkan di kalangan pecinta kaktus sendiripun, ariocarpus kadang masih belum sepopuler jenis yang lainnya, padahal jenis yang satu ini unik banget lo.

Bentuknya yang kekar menunjukkan kalau dia adalah tanaman yang kuat, makanya sering disebut juga dengan kaktus godzila.

Harganya pun tidak main-main, seperti yang dilansir pada Radarmalang, kaktus jenis ini dihargai rata-rata mulai dari 6 juta rupiah untuk ukuran yang sudah lumayan besar.

Nah itu tadi mungkin beberapa jenis kaktus yang ada di Indonesia dan mungkin kalian baru tahu bentuk bahkan namanya. Tapi kenapa bisa mahal ya? Jadi, beberapa jenis kaktus di Indonesia termasuk yang di atas tadi bukan hasil pengembangan/cloning asli dari Indonesia, sebagian besar dibudidayakan di Thailand.

Amazing deaw

Kenapa dijuluki dengan berlian hidup? Kaktus jenis amazing deaw ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan LB2178 namun warnanya kayak nggak bener-bener kaktus lo!

Saking uniknya warna kaktus jenis ini, amazing deaw seringkali dikira sebagai kaktus palsu oleh orang awam.

Tapi hasil khas cloningan dari Thailand ini di Indonesia sendiri persebarannya sangat terbatas.

Thailandnya aja harganya sudah begitu tinggi apalagi di sini. Amazing deaw dihargai mulai dari 5 juta ke atas tergantung dari corak dan warnanya. Ugh mahalnya.

Makanya, mahalnya jenis kaktus-kaktus tadi juga dipengaruhi oleh biaya pengiriman antar negara. Belum lagi jika dinilai dari bentuk dan corak warnanya.

Selain untuk dikoleksi, menanam kaktus juga bisa lo membuat ruangan kecilmu menjadi ruang hijau yang asri. Bagimana, kalian tertarik untuk mencoba mengoleksi kaktus? Itulah Harga Kaktus Unik dan Terbaru yang Wajib Kamu Koleksi.

Afriant Ishaq

A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.

2 Comments

  1. Waahh kaktus ternyata punya banyak jenis ya kak, aku baru tau nih setelah baca artikel ini, selama ini aku taunya yang ijo beduri itu, tapi ternyata kaktus punya banyak jenis dan cantik-cantik pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kak. Yang ijo itu kaktus belimbing yang fenomenal dimasanya.

      Artikel di atas fokus ke kaktus hias nan bisa dijadikan hiasan untuk mempercantik ruangan Ka.
      😊

      Delete
Previous Post Next Post

Contact Form